Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan
teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi
meningkatkan produktifitas pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor diawal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegiatan
divisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun1964, IBM memasarkan mesin
yang disebut Magnetic Tape / Selectric Typewriter (MT/ST).
Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa
dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor ( office automation atau oa) adalah
semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan
komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar
perusahaan.
Sistem Elektronik Formal dan Informal. Beberapa sistem OA direncanakan secara
formal, dan mungkin didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis, mirip SIM.
Namun, sebagian besar sistem OA tidak direncanakan atau diuraikan secara
tertulis, mirip DSS.
Komunikasi Informasi. Kata kunci yang membedakan OA dengan subsistem CBIS
lain adalah komunikasi. OA dimaksudkan untuk memudahkan segala jenis
komunikasi, baik lisan maupun tertulis.
Orang-orang diDalam dan diLuar Perusahaan. Sistem OA masa kini memudahkan
komunikasi tidak hanya diantara orang-orang didalam perusahaan, tetapi juga
dengan orang lain dilingkungan perusahaan.
Otomatisasi kantor (oa) digunakan oleh semua orang yang bekerja didalam kantor.
Pada dasarnya ada empat kategori pemakai oa, yaitu Manajer, Profesional,
Sekretaris, Clerical employee (klerk). Istilah “knowledge worker” diterapkan pada
manajer dan profesional, yaitu orang yang memberikan sumbangan
pengetahuannya terhadap aktivitas perusahaan.
Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya
perusahaan, terutama SDM.
Profesional tidak mengelola orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya
(mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional
secara bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
Sekretaris biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk
melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi, menjawab
telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
Pegawai administratif melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti
mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, menyimpan dokumen dan
mengirimkansurat.
Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi pada isi
informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan (SIA
menggumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh lingkungan. Informasi
berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolah kata,
e-mail, dan konferensi komputer. Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah
garis yang memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut. Model tersebut Juga
mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi
video dan audio.
Otomatisasi kantor bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Bila diterapkan
sebagai alat pemecah masalah, otomatisasi kantor dapat memberikan
kemampuan antarmanajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik
selagi mereka memecahkan masalah. Peningkatan komunikasi ini dapat
menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
Tujuan OA masa kini :
o Pendapatan yang Lebih Tinggi versus Penghindaran Biaya. Komputer tidak
menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan
pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
o Pemecahan masalah Kelompok. Cara OA berkontribusi pada komunikasi
ke/dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk
memecahkan masalah kelompok.
o Pelengkap – Bukan Pengganti. Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA
bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi
interpersonal tradisional–percakapan tatap muka, percakapan telepon,
pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi
komunikasi tradisional.
Jenis – jenis aplikasi otomatisasi kantor :
o WORD PROCESSING adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang
secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat
dokumen ketik atau cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap
pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk
membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada
anggota lain.
o ELECTRONIC MAIL yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan
menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan
penyimpanan.
o VOICE MAIL persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda
hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui
telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk
memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.
o ELECTRONIC CALENDARING Adalah penggunaan jaringan komputer untuk
menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer.
Electronic calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor,
karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan
informasi.
o AUDIO CONFERENCING adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk
membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara
geografis untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah
aplikasi oa pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan
penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
o VIDEO CONFERENCING melengkapisignal audio dan signal video. Peralatan
televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video.
Orang yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara
orang yang berada dilokasi lain selagi konferensi dilakukan. Tiga konfigurasi
video conferencing ( tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu: Video
satu arah dan audio satu arah, Video satu arah dan audio dua arah, Video dan
audio dua arah.
o COMPUTER CONFERENCING adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga
memberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi
selama proses terjadinya konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan
electronic mail, karena kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan
software yang sama. Istilah ‘teleconferencing’ digunakan untuk menjelaskan
ketiga bentuk alat elektronik untuk konferensi. Teleconferencing digunakan
dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar
informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan
masalah) yang berada dikota yang berlainan.
o FACSIMILE TRANSMISSION yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung
channel komunikasi dan membuat salinan atau copy diujung yang lain. Fax
sangat mudah diimplementasikan dan dioperasikan. Jalur telepon suara dapat
berfungsi sebagai channel-nya dan pengoperasian peralatannya tidak lebih
sulit dari pada mengoperasikan mesin fotocopy.
o VIDEOTEXT adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan
materi tekstual pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau
tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada komputer.
o IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL. Beberapa jenis perusahaan mempunyai
volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus menyimpannya dalam
file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali jika diperlukan.
Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan
maka digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche.
Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen
kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval digunakan dalam
pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen
historis untuk tujuan pemahaman masalah.
o DESKTOP PUBLISHING atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang
kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem
desktop publishing terdiri atas mikrokomputer dengan layar crt yang
beresolusi tinggi, printer laser, software desktop publishing. Penggunaan
desktop publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi
administrasi dan teknis. Penampilan dokumen iklan yang profesional dan
menarik akan memberikan komunikasi yang efektif.
OTOMATISASI KANTOR
Posted by
SIGIT.B.SEGORO
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 comments:
kita juga punya nih artikel mengenai 'Otomatisasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/7125/1/OTOMATISASI%20RUANGAN%20BERBASIS%20MIKROKONTROLER%20ATMEGA%208535.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat
Posting Komentar